PROFIL KONDISI FISIK ATLET PADA PEMBINAAN ATLET BERBAKAT (PAB) CABANG SEPAK TAKRAW KABUPATEN BANTUL

Hatta, Dhevani (2019) PROFIL KONDISI FISIK ATLET PADA PEMBINAAN ATLET BERBAKAT (PAB) CABANG SEPAK TAKRAW KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DHEVANIHATTA_15601241010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Atlet Sepak Takraw wajib memiliki kondisi fisik yang prima untuk mendukung aktivitasnya sebagai atlet. Kondisi fisik sangat berpengaruh terhadap tercapainya prestasi puncak yaitu juara. Kondisi fisik paling dominan dalam Sepak Takraw adalah kelentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik atlet PAB Sepak Takraw kabupaten Bantul. Komponen kondisi fisik yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari kecepatan, kelincahan, kelentukan, dan kekuatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan pengukuran. Subyek penelitian adalah atlet PAB Sepak Takraw kabupaten Bantul yang berjumlah 25 terdiri dari 5 atlet perempuan dan 20 atlet laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu: 1) kecepatan diukur dengan kecepatan berlari sejauh 30 meter; 2) kelincahan diukur menggunakan shuttle run; 3) kelentukan diukur menggunakan sit and reach dan 4) kekuatan diukur menggunakan vertical jump. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan profil kondisi fisik untuk atlet laki-laki dan perempuan. Profil kondisi fisik atlet laki-laki PAB Sepak Takraw kabupaten Bantul yaitu kecepatan masuk dalam kategori kurang (40%), kelentukan masuk dalam kategori baik (95%), kelincahan masuk dalam kategori cukup (55%), dan kekuatan masuk dalam kategori sedang (50%). Sementara untuk atlet perempuan PAB Sepak Takraw kabupetan Bantul profil kondisi fisiknya adalah sangat baik dalam kecepatan (40%), baik dalam kelentukan (80%), cukup dalam kelincahan (80%), dan cukup dalam kekuatan (80%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Yudanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: sepak takraw, atlet, kondisi fisik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Dec 2019 02:09
Last Modified: 16 Dec 2019 02:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66892

Actions (login required)

View Item View Item