IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN DAN PEMERATAAN GURU PNS PADA JENJANG SD DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANTUL

Abdullah, Muhammad (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENATAAN DAN PEMERATAAN GURU PNS PADA JENJANG SD DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tas_Muhammad Abdullah_12110241052.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi kebijakan penataan dan pemerataan guru PNS, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat, dan (3) mendeskripsikan upaya pemerintah dalam mengatasi hambatan yang muncul dalam implementasi kebijakan penataan dan pemerataan guru PNS pada jenjang SD di dinas pendidikan kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala dinas, kepala bagian perencanaan, dan kepala bagian sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penataan dan pemerataan guru PNS meliputi tiga tahap yaitu pengorganisasian, interpretasi, dan aplikasi. Tahap pengorganisasian berupa adanya team khusus dari dinas yang bertugas menganalisa data kebutuhan guru yang telah diserahkan oleh sekolah. Tahap interpretasinya yaitu dinas telah melakukan sosialisasi ke sekolah sekolah terkait kebijakan yang akan diimplementasikan. Tahap aplikasinya yaitu sekolah mengumpulkan data kebutuhan guru dan diserahkan ke dinas, kemudian dari dinas yang menentukan hasil analisa. Faktor pendukung implementasi yaitu komunikasi yang baik antara dinas dengan sekolah. Faktor penghambatnya yaitu guru dan sekolah yang merasa keberatan dengan kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, penataan dan pemerataan guru PNS
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:11
Last Modified: 19 Dec 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66890

Actions (login required)

View Item View Item