PARTISIPASI “KOMUNITAS SEKOLAH INSPIRASI PEDALAMAN” (SIP) DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI DESA PUCUNG BEDUG KABUPATEN BANJARNEGARA

Nur Andani, Ramona (2019) PARTISIPASI “KOMUNITAS SEKOLAH INSPIRASI PEDALAMAN” (SIP) DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI DESA PUCUNG BEDUG KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tas_Ramona Nur Andani_13110241036.doc baru.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) dalam pelaksanaan pendidikan di Desa Pucung Bedug Kabupaten Banjarnegara dan melihat faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) dalam pelaksanaan di Desa Pucung Bedug Kabupaten. Pertanyaan diajukan kepada anggota komunitas SIP, pemerintah perwakilah dari masyarakat Banjarnegara guna mengetahui partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) dalam pelaksanaan pendkidikan di Desa Pucung Bedug Kabupaten Peneliian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan pemilihan subjek penelitian disini ditentukan berdasarkan pertimbangan masyarakat yang mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Objek penelitian ini untuk melihat sejauh mana partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) dalam pelaksanaan pendidikan di Desa Pucung Bedug Kabupaten Banjarnegara dan melihat faktor pendukung dan penghambat pendidikan yang ada di masyarakat Banjarnegara. Setting penelitian ini di wilayah Banjarnegara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa tekhnik dalam memperoleh pengambilan data yaitu: wawancara dan Studi Dokumen. Hasil Penelitian ini yaitu dapat diperoleh bahwa partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) di Desa Pucung Bedug Kabupaten Banjarnegara memiliki bentuk partisipasi non fisik dimana kegiatan yang dilaksanakan berupa Pekan Inspirasi, Kelas Profesi dan Kegiatan Kolaborasi antar komunitas yang bertujuan untuk mengubah pola piker masyarakat Banjarnegara untuk lebih mementingkan tingkat pendidikan mereka. Faktor pendukung dan penghambat partisipasi komunitas sekolah inspirasi pedalaman (SIP) adalah 1) keadaan sosial dan ekonomi (2) tingkat pendidikan orang tua(3) aksesibilitas (4) perhatian dari pemerintah (5) pemerataan pendidikan (6) sumber informasi dan pendanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Komunitas, Banjarnegara
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:16
Last Modified: 13 Dec 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66881

Actions (login required)

View Item View Item