Melati, Wahyu Putri and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Model Permainan Sirkuit Lambang Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan kebutuhan dalam pengembangan model permainan silabi (sirkuit lambang bilangan) untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak usia 5-6 tahun; (2) menghasilkan sebuah model permainan silabi (sirkuit lambang bilangan) yang layak untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak usia 5-6 tahun,;dan (3) mengungkapkan efektifitas dari model pembelajaran berbasis permainan yang dihasilkan tersebut. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall, yang dikelompokkan menjadi tiga langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) uji coba dan finalisasi. Validasi produk dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli materi dan media, sedangkan uji coba dilakukan melalui 3 tahapan yaitu uji coba terbatas 30 anak dan empat orang guru kelompok B TK Kemala Bhayangkari Bangkinang Kota, uji coba diperluas 60 anak dan enam orang guru kelompok B TK Pertiwi Bangkinang Kota, dan uji efektifitas pada 120 anak kelompok B TK Negeri Pembina Bangkinang Kota. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, media angket respon guru, dan lembar observasi kemampuan pemahaman lambang bilangan anak. Penelitian ini menghasilkan model untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan pada anak. Model permainan silabi (sirkuit lambang bilangan) ini dinyatakan layak digunakan berdasarkan kriteria oleh ahli materi, media, guru, dan anak dengan kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara kemampuan pemahaman lambang bilangan anak pada saat pretest maupun posttest dengan signifikasi 0,000, di mana nilai signifikasi uji sig. (2-tailed) < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model permainan silabi (sirkuit lambang bilangan) dapat meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman lambang bilangan, model, permainan, SILABI. |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 02:52 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 02:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66874 |
Actions (login required)
View Item |