PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA 2011/2012

Danang , Jumiyanto (2012) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Danang Jumiyanto.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata diklat gambar teknik siswa kelas X Program Studi Teknik Mekanik Otomotif SMK Perindustrian Yogyakarta 2011/2012 setelah diterapkan penggunaan metode pembelajaran quantum teaching, dengan pembatasan materi hanya pada pokok bahasan wiring diagram lampu kepala dan lampu tanda belok. Penelitian ini dilakukan di SMK Perindustrian Yogyakarta, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XBIII sebanyak 31 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart , metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi dalam kelompok dan menggambar lembar kerja pada job sheet. Langkah berikutnya yaitu siswa mendemostrasikan hasil dari diskusi kelompok di depan kelas. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta prestasi belajar yang telah dicapai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok mengalami kenaikkan dari tiap siklusnya, yaitu kelompok I 62,5% menjadi 87,5%; kelompok II 66,67% menjadi 100%; kelompok III 65,5% menjadi 93,75; kelompok IV 62,5% menjadi 100%; kelompok V 83,3% menjadi 93,75%; kelompok VI 62,5% menjadi 91,67%; kelompok VII 56,3% menjadi 87,5% dan kelompok VIII 75% menjadi 100%%. Aktivitas keterlaksanaan metode pembelajran quantum teaching meningkat dari tiap aktivitas, yaitu data keterlaksanaa aktivitas 1 baik menjadi baik sekali; aktivitas 2 kurang menjadi baik; aktivitas 3 cukup menjadi baik sekali; aktivitas 4 kurang menjadi baik; aktivitas 5 kurang menjadi baik dan aktivitas 6 cukup menjadi baik sekali. Prestasi belajar siswa naik dari tiap siklusnya. Hasil postest pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebanyak 12 siswa atau 41,38%, sedangkan pada siklus II sebanyak 23 siswa atau 79,31% dan hasil menggambar pada siklus I siswa sebanyak 11 siswa atau 37,93%, sedangkan pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 89,66%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2012 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6687

Actions (login required)

View Item View Item