Hasni, Uswatul and Suparno, Suparno (2019) engembangan Model Stimulasi Geometri Berbasis Pendekatan Project untuk Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan kebutuhan meningkatkan kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun, (2) menghasilkan model stimulasi berbasis pendekatan project yang sesuai untuk kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun, dan (3) mengungkapkan efektifitas model yang dihasilkan terhadap kemampuan geometri anak. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah dalam model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi : (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, dan (3) uji produk lapangan. Validasi produk dilakukan oleh expert judgment dan guru- guru. Subjek penelitian ini terdiri dari 13 guru dengan 99 anak dari TK Negeri 01 Pulau Punjung, TK Kartini, TK Aisyiah 02 Kampung Surau, TK Bundo Kanduang dan RA- Ar Rahman pada uji lapangan awal dan uji lapangan luas. Uji efektifitas melibatkan 121 anak dengan sembilan orang guru dari TK Negeri Pembina dan TK Aisyiah Bustahnul Atfhal 01 Pulau punjung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket lembar validasi produk, dan lembar observasi kemampuan geometri anak. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk stimulasi kemampuan geometri anak dibutukan sebuah model yang menarik untuk anak seperti model berbasis pendekatan project yang dilengkapi dengan materi indikator pencapaian dan kesiapan sekolah dalam pelaksanannya. (2) Model stimulasi yang dihasilkan ialah model yang menghasilkan pengembangan pada setiap komponennya seperti sintaks, sistem sosial, sistem pendukung dan peran anak setelah melalui beberapa proses validasi dan uji coba sehingga mendapatkan kriteria “Sangat baik” (3) Model stimulasi yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun, seperti terlihat dari hasil uji paired t-test antara hasil posttest 1 dan posttest 4 dengan signifikansi 0,000 <0,05, dan perbedaan rata-rata antara posttest 1 dan 4 terhadap kemampuan geometri anak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa model simulasi yang dihasilkan tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak 5-6 tahun, geometri, pendekatan project |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 02:27 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 02:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66866 |
Actions (login required)
View Item |