UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN BOLA PLASTIK PADA PESERTA DIDIK PUTRA KELAS V SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA

Haditama, Muhammad Septiazis (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI DENGAN BOLA PLASTIK PADA PESERTA DIDIK PUTRA KELAS V SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi - M. Septiazis Haditama - 15601241003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli mini dengan menggunakan bola plastik sebagai sarana belajar passing bawah kepada peserta didik putra kelas V SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian ini menggunakan survei. Subjek penelitian adalah peserta didik putra kelas V SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta, Mlati, Sleman, DI. Yogyakarta yang berjumlah 15 peserta didik putra. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus. Setiap siklus terdapat beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi dan lembar penilaian unjuk kerja peserta didik. Dan teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan teknik passing bawah bola voli menggunakan bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran teknik passing bawah bola voli peserta didik putra kelas V SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hasil pembelajaran pada aspek afektif pada tindakan siklus I mencapai 73,29%, sedangkan pada tindakan siklus II mencapai 95,24%. Hasil pembelajaran pada aspek psikomotorik passing bawah bola voli pada tindakan siklus I mencapai 61,54%, sedangkan pada tindakan siklus II mencapai 92,86%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa passing bawah bola voli dengan menggunakan bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing bawah bola voli mini pada peserta didik putra kelas V SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Nurhadi Santoso, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: hasil pembelajaran, passing bawah, bola voli plastik.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Dec 2019 07:57
Last Modified: 11 Dec 2019 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66864

Actions (login required)

View Item View Item