Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia 5-6 Tahun.

Amiliya, Reni and Harun, Harun (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis alam yang layak untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun, (2) menghasilkan sebuah model pembelajaran berbasis alam yang layak digunakan untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun, dan (3) mengetahui keefektivifan dari model dari model yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis research dan development yang mengacu pada 7 langkah model penelitian pengembangan Borg and Gall. Validator produk dilakukan oleh ahli instrument dan ahli materi pembelajaran. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 3 guru dan 61 anak serta uji coba lapangan utama pada 7 guru dan 128 anak.adalah anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Instrument pengumpulan data yang digunakan lembar observasi karakter peduli lingkungan anak, angket validasi ahli dan angket respon guru. Kelayakan dari model pembelajaran berbasis alam dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran berbasis alam dianalisis menggunakan analisis statistic inferensal dengan melakukan uji Mann Whitney U Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran berbasis alam yang dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun (2) Model pembelajaran layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli instrument, ahli materi, respon guru dan hasil uji lapangan anak dengan kategori sangat layak. (3) model pembelajaran berbasis alam efektif digunakan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun se-Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Hasil uji statistic Mann Whitney U Test (taraf sig. <0,05) memperoleh nilai sig. 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan model pembelajaran berbasis alam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis alam yang layak untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun, (2) menghasilkan sebuah model pembelajaran berbasis alam yang layak digunakan untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun, dan (3) mengetahui keefektivifan dari model dari model yang dihasilkan tersebut dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis research dan development yang mengacu pada 7 langkah model penelitian pengembangan Borg and Gall. Validator produk dilakukan oleh ahli instrument dan ahli materi pembelajaran. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 3 guru dan 61 anak serta uji coba lapangan utama pada 7 guru dan 128 anak.adalah anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Instrument pengumpulan data yang digunakan lembar observasi karakter peduli lingkungan anak, angket validasi ahli dan angket respon guru. Kelayakan dari model pembelajaran berbasis alam dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran berbasis alam dianalisis menggunakan analisis statistic inferensal dengan melakukan uji Mann Whitney U Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran berbasis alam yang dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun (2) Model pembelajaran layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli instrument, ahli materi, respon guru dan hasil uji lapangan anak dengan kategori sangat layak. (3) model pembelajaran berbasis alam efektif digunakan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun se-Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Hasil uji statistic Mann Whitney U Test (taraf sig. <0,05) memperoleh nilai sig. 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada karakter peduli lingkungan anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan model pembelajaran berbasis alam.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:41
Last Modified: 11 Dec 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66863

Actions (login required)

View Item View Item