PENGARUH LATIHAN SKIPPING (LOMPAT TALI) TERHADAP TINGGI LONCATAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI MI MA’ARIF PUCANG KEC. BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA

Saputra, Lindi Bayu (2019) PENGARUH LATIHAN SKIPPING (LOMPAT TALI) TERHADAP TINGGI LONCATAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI MI MA’ARIF PUCANG KEC. BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi bayu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Hubungan pengaruh latihan skiping pada aspek loncatan terhadap tinggi loncatan Peserta Ekstrakurikuler di MI Ma’arif Pucang Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “one group pre test post test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Ekstrakurikuler bola voli MI Ma’arif Pucang yang berjumlah 22 anak putra. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling, dengan kriteria yaitu; (1) peserta ekstrakurikuler bola voli MI Ma’arif Pucang, (2) berjenis kelamin Laki-laki, (3) berusia 10-12 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi adalah berjumlah 22 atlet. Instrumen yang digunakan untuk tes tinggi loncatan adalah vertical jump. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) Ada Pengaruh latihan skipping terhadap peningkatan tinggi loncatan pada peserta ekstrakurikuler bola voli di MI Ma’arif Pucang, Berdasarkan analisis hasilpenelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain skipping terhadap tinggi loncatan Peserta Ekstrakurikuler di Mi Ma’arif Pucang, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2019/ 2020, untuk kategori : sangat rendah” sebanyak 1 siswa atau sebesar 4,54%; kategori”rendah” sebanyak 3 siswa atau sebesar 4,54 %; kategori “sedang” sebanyak 4 siswa atau sebesar 13,63 %; kategori “tinggi” sebanyak 6 siswa atau sebesar 27,27 %; dan kategori “ sangat tinggi” sebanyak 8 siswa atau sebesar 36,36 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa latihan skipping sangat berpengaruh untuk meningkatkan loncatan dalam permainan bola voli.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Amat Komari, M.Si. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: latihan, skipping, ekstrakurikuler, loncatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:15
Last Modified: 10 Dec 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66859

Actions (login required)

View Item View Item