Cuachica, Frida Citra and Fauziah, Puji Yanti (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Art- Craft Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan dalam mengembangkan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal (2) menghasilkan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak, (3) menguji keefektifan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini sebanyak 35 anak usia 5-6 tahun. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, lembar validasi dan lembar unjuk kerja keterampilan motorik halus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t Dependen dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini: (1) model pembelajaran bermain yang menekankan pada bermain art-craft berbasis kearifan lokal yang tercantum pada tingkat pencapaian perkembangan anak khususnya pada aspek motorik halus, (2) model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk buku panduan pelaksanaan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan ini terdiri dari 3 macam yaitu membuat batik painting, membuat kreasi wayang gunungan dan melukis pada media gerabah mini. (3) keefektifan produk diperoleh melalui uji N-Gain yaitu nilai rata-rata skor untuk kelas B1 70,6% , sedangkan skor untuk kelas B2 71,5% yang hasil keduanya termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran art-craft berbasis kearifan lokal cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain art-craft, keterampilan motorik halus, anak usia 5-6 tahun |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:50 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66857 |
Actions (login required)
View Item |