Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Art- Craft Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.

Cuachica, Frida Citra and Fauziah, Puji Yanti (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Art- Craft Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan dalam mengembangkan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal (2) menghasilkan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak, (3) menguji keefektifan model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini sebanyak 35 anak usia 5-6 tahun. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, lembar validasi dan lembar unjuk kerja keterampilan motorik halus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t Dependen dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini: (1) model pembelajaran bermain yang menekankan pada bermain art-craft berbasis kearifan lokal yang tercantum pada tingkat pencapaian perkembangan anak khususnya pada aspek motorik halus, (2) model pembelajaran bermain art-craft berbasis kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk buku panduan pelaksanaan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan ini terdiri dari 3 macam yaitu membuat batik painting, membuat kreasi wayang gunungan dan melukis pada media gerabah mini. (3) keefektifan produk diperoleh melalui uji N-Gain yaitu nilai rata-rata skor untuk kelas B1 70,6% , sedangkan skor untuk kelas B2 71,5% yang hasil keduanya termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran art-craft berbasis kearifan lokal cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bermain art-craft, keterampilan motorik halus, anak usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Dec 2019 07:50
Last Modified: 09 Dec 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66857

Actions (login required)

View Item View Item