PENGARUH METODE CIRCUIT BODY WEIGHT TRAINING TERHADAP KOMPONEN FISIK PREDOMINAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 1 SANDEN

Annasai, Faza (2019) PENGARUH METODE CIRCUIT BODY WEIGHT TRAINING TERHADAP KOMPONEN FISIK PREDOMINAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI 1 SANDEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maret.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Sanden memiliki beberapa ekstrakurikuler salah satu yaitu ekstrakurikuler bola basket, tetapi akhir-akhir ini dalam mengikuti pertandingan bola basket di daerah mulai menurun dalam keikutsertaan kejuaraan yang berakibat menurunnya prestasi. Hal ini disebabkan karena kurangnya program latihan komponen fisik predominan dan hanya fokus latihan teknik dan taktik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode circuit body weight training terhadap komponen fisik predominan ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Sanden. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling Purposive dan subjek penelitian adalah pemain Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Sanden yang berjumlah 12 peserta. Instrumen yang digunakan hand dynamometer, back and leg dynamometer, sit-up, push-up, squat jump, lari 30 meter, side step test, flexometer, vertical jump, multistage test. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Hasil analisis uji t paired sample t test telah diperoleh nilai-nilai t hitung > t tabel, dengan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh metode circuit body weight training terhadap komponen fisik predominan ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Sanden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: circuit body weight training, komponen fisik predominan, bola basket
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:27
Last Modified: 04 Dec 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66835

Actions (login required)

View Item View Item