Hasanah, Meilanza Wardah (2019) PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN KERAH REBAH MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
8. daftar pustaka.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
9. lampiran fix.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan model Explicit Instruction untuk meningkatkan kompetensi pembuatan kerah rebah siswa kelas X Tata Busana di SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta; 2) meningkatkan kompetensi pembuatan kerah rebah siswa kelas X Tata Busana di SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta menggunakan model Explicit Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral Kemmis dan McTaggart, dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana di SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan model Explicit Instruction, lembar tes unjuk kerja, dan lembar unjuk kerja pembuatan kerah rebah. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi yaitu meminta pertimbangan kepada judgement expert dengan hasil akhir instrumen layak digunakan dalam penelitian. Pembuktian reliabilitas menggunakan metode antar rater menggunakan tingkat Procentage Of Agreement yang menyatakan bahwa instrumen reliable dan dapat digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) model Explicit Instruction diterapkan melalui 5 tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, pelatihan terbimbing, mengecek pemahaman dan memberi umpan balik dan penutup, serta menganalisis dan mengevaluasi proses selangkah demi selangkah yang dilaksanakan dalam 2 siklus; 2) model Explicit Instruction mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam pembuatan kerah rebah yang ditunjukkan dengan peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa peningkatan dari pra siklus 33% yaitu 8 siswa dinyatakan tuntas, menjadi 67% siswa dengan jumlah siswa 16 orang pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 100% yaitu 24 siswa. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan kompetensi pembuatan kerah rebah kelas X Tata Busana SMK Karya Rini YHI KOWANI Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Explicit Instruction, Kerah Rebah |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 04:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66826 |
Actions (login required)
View Item |