PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DENGAN METODE PEER TUTORING PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 SLEMAN

Nurlaila, Latifahni (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DENGAN METODE PEER TUTORING PADA SISWA KELAS XI DI MAN 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
001. HALAMAN JUDUL - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
009. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
002. BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
003. BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
004. BAB 3.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
005. BAB 4.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
006. BAB 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
007. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
008. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran peer tutoring pada mata pelajaran keterampilan tata busana pada siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Sleman; (2) mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan prestasi siswa pada mata pelajaran keterampilan tata busana pada siswa kelas XI di MAN 1 Sleman setelah diterapkan metode pembelajaran peer tutoring. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Alur dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan dan observasi; (3) refleksi. Subyek penelitian yaitu kelas XI IPS 1 di MAN 1 Sleman yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan unjuk kerja. Validasi menggunakan validasi isi berdasarkan Judgment expert dan reabilitas instrument menggunakan reabilitas antar rater agreement. Hasil instrument dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) penerapan metode peer tutoring pada mata pelajaran keterampilan tata busana dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan sebagai berikut: (a) pendahuluan (b) inti dan (c) penutup; ( 2) keaktifan dan prestasi belajar siswa meningkat, pada siklus 1 skor rata-rata keaktifan meningkat dari 69% meningkat menjadi 77% di siklus 2. Sedangkan prestasi siswa pada siklus 1 meningkat sebanyak 22 siswa telah mencapai KKM dengan rata-rata 73,6. Pada siklus 2 meningkat sebanyak 28 siswa telah mencapai KKM dengan rata-rata 78,8.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Prestasi belajar, Peer tutoring
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 03 Dec 2019 01:16
Last Modified: 03 Dec 2019 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66825

Actions (login required)

View Item View Item