Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Karakter Jujur Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Pada Siswa Sekolah Dasar.

Masyhuri, Septian Fajri and Suherman, Wawan S (2019) Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Berbasis Permainan Tradisional Untuk Mengembangkan Karakter Jujur Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Pada Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. (2) mengembangkan model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan karakter jujur disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengikuti langkah langkah pengembangan menurut Borg and Gall (2007): (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan kajian literatur, pengamatan lapangan, membuat kerangka kerja penelitian. (2) Perencanaan (perumusan tujuan, penentuan urutan pembelajaran). (3) Mengembangkan produk awal (penyiapan materi pembelajaran, instrumen evaluasi) dan validasi (4) Revisi produk awal (5) Uji coba lapangan awal (Uji coba skala kecil). (6) Revisi produk (berdasarkan saran-saran pada uji coba). (7) Uji coba lapangan utama (uji skala besar) (8) Revisi produk. (berdasarkan hasil-hasil uji skala besar). (9) Uji efektivitas. (10) Produk Akhir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah model pembelajaran PJOK berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan karakter jujur disiplin dan tanggung jawab pada siswa sekolah dasar, model ini mempunyai beberapa komponen: (1) konsep (2) kompetensi dasar/indikator (3) tujuan pembelajaran (4) materi (permainan tradisional galasin, tawon tawonan, demok dadi, ular naga). (5) sintaks/ langkah langkah pembelajaran (6) kegiatan guru dan siswa (7) penilaian hasil belajar. Dan semua disusun dalam sebuah buku panduan model pembelajaran. Menurut para ahli dan guru model pembelajaran yang dikembangkan ini dapat digunakan serta sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Hasil uji coba model pembelajaran efektif untuk mengembangkan karakter jujur disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Permainan Tradisional, Karakter Jujur Disiplin dan Tanggung Jawab.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:03
Last Modified: 28 Nov 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66802

Actions (login required)

View Item View Item