Ekologi Pengembangan Bakat Olahraga: Studi Kasus Klub Bulu Tangkis di Indonesia.

Ardiyanto, Hysa and Setiawan, Caly (2019) Ekologi Pengembangan Bakat Olahraga: Studi Kasus Klub Bulu Tangkis di Indonesia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi karakteristik lingkungan pengembangan bakat olahraga yang berhasil menggunakan pendekatan ekologi holistik. Lingkungan pengembangan bakat yang diteliti adalah sebuah klub bulu tangkis di Indonesia yang memiliki sejarah menghasilkan atlet elit dunia. Lingkungan pengembangan bakat dilihat secara holistik dalam konteks mikro dan makro, domain olahraga dan non-olahraga, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang menentukan efektivitasnya seperti: sumber daya yang dimiliki, proses dan budaya organisasi. Studi kasus digunakan sebagai strategi untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Partisipan dalam wawancara meliputi atlet prospektif, pelatih, staf manajemen dan ketua klub. Observasi dilakukan terhadap bangunan fisik, kehidupan sehari-hari di lingkungan seperti latihan dan peristiwa sosial serta pada kompetisi. Data dokumen diperoleh dari klub dan internet. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik dengan cara pembacaan data, pengembangan kode-kode awal, identifikasi tema dan kategorisasi tema, pengkodean hingga sampai pada penulisan laporan. Deskripsi karakteristik lingkungan disajikan sebagai hasil penelitian. Fitur- fitur lingkungan pengembangan bakat buku tangkis yang berhasil, yaitu: klub memiliki sumber daya fasilitas, finansial, dan sumber daya manusia yang berasal dari komitmen perusahaan; lingkungan condong pada bulu tangkis; lingkungan memfasilitasi pengembangan keterampilan mental; efektivitas pengembangan bakat terjadi dalam pengaruh budaya organisasi yang kuat dengan tradisi melahirkan atlet bulu tangkis dunia; dan dalam konteks sosio-kultural, bulu tangkis mendapatkan keuntungan dari partisipasi dan dukungan masyarakat hingga diakui sebagai olahraga nasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bulu tangkis; lingkungan pengembangan bakat olahraga; pendekatan ekologi holistik; transisi atlet junior ke senior
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:00
Last Modified: 27 Nov 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66793

Actions (login required)

View Item View Item