Model Pemanasan dalam Bentuk Permainan pada Pembelajaran PJOK bagi Siswa SMA.

Susanto, Angga and Sugiyanto, Fx (2019) Model Pemanasan dalam Bentuk Permainan pada Pembelajaran PJOK bagi Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pentingnya model pemanasan yang inovatif menjadi permasalahan awal dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pemanasan menggunakan permainan untuk siswa SMA. Model pemanasan permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru PJOK sebagai salah satu bentuk model pemanasan yang baik. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah- langkah berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk awal, (4) validasi ahli, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi terhadap produk, (8) melakukan uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian dilakukan di SMAN 9 Yogyakarta, uji coba skala kecil melibatkan kelas X MIPA 4, sebanyak 32 siswa. Uji coba skala besar melibatkan kelas X MIPA 2 dan X MIPA 5, sebanyak 61 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model pemanasan permainan, yaitu: (1) Tembak Aku, (2) Lempar Aku, (3) Operan Beranting, (4) Lompat Katak, (5) Harus Berkumpul, dan (6) Lempar Tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil validasi ahli materi termasuk “Baik” dengan rata-rata 3,69 dan hasil validasi ahli produk termasuk “Sangat Baik” dengan rata-rata 4,22. Kualitas produk hasil uji coba skala kecil termasuk “Baik” dengan rata-rata 3,87. Kualitas produk hasil uji coba skala besar termasuk “Sangat Baik” dengan rata-rata 4,33. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, ahli produk, dan uji coba, produk termasuk “Baik” dengan rata-rata skor 4,02. Dapat disimpulkan bahwa model pemanasan permainan telah valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran PJOK tingkat SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pemanasan, permainan, PJOK.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:51
Last Modified: 26 Nov 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66782

Actions (login required)

View Item View Item