PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI 2 PANDANSARI KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA

Sukono, Joko (2019) PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI 2 PANDANSARI KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI PDF Joko Sukono, 17604227011, 20019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan engklek terhadap keseimbangan tubuh pada peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri 2 Pandansari Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri 2 Pandansari Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes stork stand atau tes untuk mengukur keseimbangan tubuh statis. Teknik analisa data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan engklek terhadap keseimbangan tubuh pada peserta ekstrakurikuler sepaktakraw SD Negeri 2 Pandansari Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 2.54 dan rerata posttest sebesar 2.81 maka diperoleh angka mean difference sebesar 0.27, hal ini menunjukkan bahwa permainan engklek memberikan perubahan yang lebih baik yaitu 10.63% dibandingkan sebelum diberikan latihan permainan engklek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan engklek, keseimbangan tubuh, siswa sekolah
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Nov 2019 01:47
Last Modified: 26 Nov 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66774

Actions (login required)

View Item View Item