Pengaruh Pendekatan Latihan (Teknik dan Taktik) dan Kelincahan terhadap Kapasitas Aerobik Pemain Sepakbola Seyegan United Yogyakarta.

Siswandri, Siswandri and Widiyanto, Widiyanto (2019) Pengaruh Pendekatan Latihan (Teknik dan Taktik) dan Kelincahan terhadap Kapasitas Aerobik Pemain Sepakbola Seyegan United Yogyakarta. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh pendekatan teknik dan pendekatan taktik terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola; (2) perbedaan kapasitas aerobik pemain yang memiliki kelincahan tinggi dan kelincahan rendah; (3) perbedaan pengaruh pendekatan teknik pada kelincahan tinggi dan pendekatan taktik pada kelincahan tinggi terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola; (4) perbedaan pengaruh pendekatan teknik pada kelincahan rendah dan pendekatan taktik pada kelincahan rendah terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola; dan (5) interaksi antara pendekatan latihan dan kelincahan terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dengan tes awal dan tes akhir pada empat kelompok yang diberikan perlakuan dua pendekatan. Subjek penelitian ini adalah pemain sepakbola klub Seyegan United dengan jumlah keseluruhan 35 pemain. Instrumen yang digunakan adalah Illinois Agility Test, untuk mengukur tingkat kelincahan siswa ekstrakurikuler dengan validitas sebesar 0,95 dan realibilitas sebesar 0,78. Instrumen untuk mengukur kapasitas aerobik adalah Bleep Test dengan validitas sebesar 0,73 dan realibilitas sebesar 0,8. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan Post-Hoc Tests pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh pendekatan teknik dan pendekatan taktik terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola, dengan p=0,001 < 0,05; (2) ada perbedaan pengaruh kapasitas aerobik pemain yang memiliki kelincahan tinggi dan kelincahan rendah, dengan p=0,005 < 0,05; (3) ada perbedaan pengaruh pendekatan teknik pada kelincahan tinggi dan pendekatan taktik pada kelincahan tinggi terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola, dengan p=0,769 > 0,05; (4) tidak ada perbedaan pengaruh pendekatan teknik pada kelincahan rendah dan pendekatan taktik pada kelincahan rendah terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola, dengan p=0,000 > 0,05; (5) ada interaksi pendekatan latihan dan kelincahan terhadap kapasitas aerobik pemain sepakbola, dengan p = 0,000 < 0.05. Pemain yang memiliki kelincahan tinggi lebih tepat dilatih dengan pendekatan teknik, sedangkan pemain kelincahan rendah lebih tepat dilatih dengan pendekatan taktik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kapasitas aerobik, kelincahan, pendekatan teknik, sepakbola, taktik
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:57
Last Modified: 25 Nov 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66758

Actions (login required)

View Item View Item