PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN TEORI DASAR MESIN BUBUT DI SMK N 2 PENGASIH

F. ENDI BAWONO , UTOMO (2012) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN TEORI DASAR MESIN BUBUT DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan TAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui prestasi belajar siswa awal atau sebelum perlakuan pada pembelajaran menggunakan mesin untuk operasi dasar (mesin bubut), (2) mengetahui prestasi belajar siswa sesudah perlakuan pembelajaran dengan kelas eksperimen yang menggunakan macromedia flash dan kelas kontrol menggunakan cara konvensional, (3) mengetahui prestasi belajar siswa kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran menggunakan macromedia flash. Media animasi berbasis flash yang digunakan adalah media yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design dengan sampel dua kelas, yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media flash dan kelas kontrol dengan cara konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t-Test. Hasil dari penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang hampir sama, ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai pretest dari kelas eksperimen 50,25 dan kelas kontrol sebesar 50,53. Sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media flash hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan cara konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 79,48 dan kelas kontrol sebesar 73,78. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf kesalahan 5% dan dk 61 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapatkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel (2,97 > 2,000) sehingga rumusan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, uji hipotesis untuk perbandingan data pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan taraf kesalahan 5% dan dk 60 didapatkan bahwa harga t hitung juga lebih besar dari t tabel (17,16 > 2,000) dengan demikian rumusan Ha juga diterima, yaitu bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan macromedia flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2012 00:52
Last Modified: 29 Jan 2019 16:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6674

Actions (login required)

View Item View Item