Pengaruh Pemanasan Gerak Lagu, Pemanasan Umum, dan Keseimbangan terhadap Kesiapan Belajar Penjas pada Siswa Tunanetra di SLB yang ada di Wilayah DIY.

Kusworo, Hendrik and Winarni, Sri (2019) Pengaruh Pemanasan Gerak Lagu, Pemanasan Umum, dan Keseimbangan terhadap Kesiapan Belajar Penjas pada Siswa Tunanetra di SLB yang ada di Wilayah DIY. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: (1) Memperoleh informasi tentang pengaruh pemanasan gerak lagu, terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY, (2) Memperoleh informasi tentang pengaruh pemanasan umum, terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY, (3) Memperoleh informasi tentang interaksi antara jenis pemanasan dan keseimbangan, terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY, (4) Memperoleh informasi tentang pengaruh pemanasan gerak lagu, pemanasan umum, dan keseimbangan, terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY. Penelitian ini mengunakan metode penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di empat sekolah yang meliputi 4 kabupaten di wilayah DIY, yaitu SLBN 1 Sleman, SLBN 1 Wates, SLB Yaketunis, SLB Dharma Putra Gunung Kidul. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SLB jurusan A yang berjumlah 15 orang anak yang ada di wilayah DIY. Teknik pengumpulan data: (1) pengelompokan subjek berdasarkan tes keseimbangan dengan instrumen strok stand, dan reabilitas sebesar 0,480. (2) Dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dengan mengunakan instrumen kesiapan belajar penjas.Teknik analisis data mengunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas mengunakan Lavene Test, kemudian setelah itu data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Matched-pairs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemanasan gerak lagu terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY dengan signifikansi 0,017 < 0,05; (2) terdapat pengaruh pemanasan umum terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) tidak terdapat interaksi antara jenis pemanasan dan keseimbangan, terhadap kesiapan belajar penjas di SLB yang ada di wilayah DIY dengan nilai signifikansi 0,966 > 0,05; dan (4) terdapat pengaruh jenis pemanasan terhadap kesiapan belajar penjas pada siswa tunanetra di SLB yang ada di wilayah DIY dengan level sig = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemanasan, Gerak Lagu, Anak Tunanetra, Keseimbangan, dan Kesiapan Belajar Penjas
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Nov 2019 09:57
Last Modified: 20 Nov 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66731

Actions (login required)

View Item View Item