Manajemen Kurikulum Tata Kecantikan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta Dan SMK N 6 Yogyakarta.

Pambudi, Ika Prasetyani and Prasojo, Lantip Diat (2019) Manajemen Kurikulum Tata Kecantikan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta Dan SMK N 6 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) manajemen kurikulum Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta, (2) kekhasan kurikulum di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta, (3) faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru dan siswa di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Setting penelitian ini yaitu di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan SMK Negeri 6 Yogyakarta yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018. Keabsahan data menggunakan teori dari Sugiyono (2012) yang meliputi kredibitas dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Miles, Huberman, & Saldana (2014) dengan tahapan data collection, data condensation dalam bentuk codding (describing, classifying, connecting), data display dan conclusion: verifying. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses manajemen kurikulum tata kecantikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. (2) kekhasan Kurikulum Tata Kecantikan SMK Negeri 4 Yogyakarta yaitu kurikulum 2013 berbasis Adiwiyata dengan pola taman bencana, sekolah hijau dan taman anak sedangkan kekhasan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yaitu kurikulum implementatif berbasis TEFA (Teching Factory) yang merupakan hasil pengembangan kurikulum 2013 dengan kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan/entepreneur. (3) Faktor pendukung manajemen kurikulum tata kecantikan di SMK Negeri 4 Yogyakarta dan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yaitu sarana prasarana, kuantitas dan kualitas guru, pendanaan. (4) Faktor penghambat manajemen kurikulum tata kecantikan yaitu perkembangan trend atau dunia industri lebih cepat dibandingkan kurikulum, adanya kegiatan diklat, pelatihan atau seminar SDM bagi guru yang cukup padat, keterlambatan dalam pembelian bahan-bahan praktik sehingga kurikulum tidak tercapai, dan pengawasan keterlaksanaan kurikulum yang kurang pada saat siswa melakukan praktik kerja industry serta kurikulum menuntut banyaknya perangkat administrasi mengajar sedangkan guru kesulitan untuk memenuhi karena kesibukan mengajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, sekolah menengah kejuruan, tata kecantikan.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:25
Last Modified: 31 May 2021 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66704

Actions (login required)

View Item View Item