Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini pada Sekolah Salihiyah dan Sekolah Pattani Darussalam di Thailand Selatan.

Bueraheng, Aisoh and Prasojo, Lantip Diat (2019) Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini pada Sekolah Salihiyah dan Sekolah Pattani Darussalam di Thailand Selatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) pada sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam, dan (2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Akademik, dan guru PAUD di sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam. Setting penelitian ini yaitu sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam, Pattani, Thailand Selatan, yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Juli 2019. Keabsahan data dalam peneliatian ini menggunakan teori Sugiyono (2012) yang meliputi kreabilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles, Huberman, & Saldana (2014) dengan tahapan meliputi: kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di sekolah Salihiyah dilakukan setiap semester, sedangkan di sekolah Pattani Darussalam dibuat setiap satu minggu sekali. Supervisi akademik di kedua sekolah tersebut menggunakan pendekatan langsung dan tidak langsung kepada guru ketika mendapatkan kendala dalam pembelajaran yang dilakukan dengan pembinaan. (2) Faktor pendukung sekolah Salihiyah dan sekolah Pattani Darussalam yaitu adanya bimbingan dari kepala sekolah untuk meningkatkan profesional guru. Faktor penghambat di sekolah Salihiyah yaitu kekurangan tenaga pengajar berlatar-belakang pendidikan PAUD, dan di sekolah Pattani Darussalam yaitu kepala sekolah jarang berada di sekolah, kekurangan tenaga pengajar berlatar-belakang pendidikan PAUD, kelelahan guru dalam membuatkan RPP setiap minggu, serta sarana dan prasarana pendidikan yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, Supervisi akademik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:24
Last Modified: 28 May 2021 05:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66702

Actions (login required)

View Item View Item