PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN SD MUHAMMADIYAH CEPITCARI GLAGAHARJO CANGKRINGAN SLEMAN

Ahmad, Baharudin (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKN SD MUHAMMADIYAH CEPITCARI GLAGAHARJO CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Baharudin Ahmad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Cepitsari yang berjumalah 26 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tidakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa di kels V SD Muhammadiyah Cepitsari pada mata pelajaran PKn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share TPS. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 54% dalam kategori aktif, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 88% dalam kategori aktif. Artinya ada peningkatan sebesar 34%. Tindakan penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah memenuhi keriteria keberhasilan yang ditetapkan Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran PKn, pembelajaran kooperatif tipe TPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:29
Last Modified: 14 Nov 2019 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66681

Actions (login required)

View Item View Item