PENGEMBANGAN UNIT PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI FAKULTAS TEKNIK UNY

Admojo, Dwi Febrianto (2019) PENGEMBANGAN UNIT PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI FAKULTAS TEKNIK UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan dan merancang desain unit media pembelajaran pembangkit listik tenaga bayu (PLTB) yang sesuai untuk Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY; (2) mengetahui kinerja unit media PLTB yang dikembangkan; (3) mengetahui kelayakan unit media PLTB yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian ADDIE Approach dengan tahapan-tahapan: (1) analyse; (2) design; (3) develop; (4) implementationi; dan (5) evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 dari program studi Pendidikan Teknik Elektro dengan jumlah 20 mahasiswa. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan media pembelajaran Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) pengembangan unit pembangkit listrik tenaga bayu sebagai media pembelajaran pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation); (2) uji kinerja daya keluaran unit media PLTB menunjukan konfigurasi 3 baling-baling menjadi paling optimal; (3) pengembangan unit pembangkit listrik tenaga bayu sebagai media pembelajaran pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik di Fakultas Teknik UNY dilihat dari aspek materi termasuk dalam kategori “Layak” dengan persentase “74,40%” dan dilihat dari aspek media termasuk dalam katagori “Sangat Layak” dengan persentase “96,54%”. Respon Mahasiswa terhadap unit media PLTB termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase sebesar “81,59%”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Pembangkit Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Nov 2019 06:49
Last Modified: 14 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66680

Actions (login required)

View Item View Item