Pengaruh Komunikasi Dalam Grup Media Sosial Terhadap Perhatian Pada Anak dan Kemitraan Orang Tua dan Guru di SD Muhammadiyah Sapen 1.

Harismawati, Nur Erlina and Mustadi, Ali (2019) Pengaruh Komunikasi Dalam Grup Media Sosial Terhadap Perhatian Pada Anak dan Kemitraan Orang Tua dan Guru di SD Muhammadiyah Sapen 1. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang tua dan guru yang dilakukan dalam grup media sosial terhadap perhatian pada anak dan kemitraan yang terjalin diantara orang tua dan guru pada proses belajar anak di SD Muhammadiyah Sapen 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif ekpos-fakto. Penelitian ini mengekpos interaksi orang tua dan guru dalam grup media sosial dan pengaruhnya terhadap perhatian pada anak dan kemitraan yang terjalin diantara orang tua dan guru. Penelitian dilakukan terhadap orang tua siswa kelas 1 sampai 5 di SD Muhammadiyah Sapen 1 Yogyakarta. Sebanyak 187 orang tua dari 260 orang tua menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas untuk variabel Komunikasi Dalam Grup Media Sosial (X) dari 24 butir pernyataan hanya 19 butir pernyataan yang valid dengan nilai r>0,30. Hasil uji validitas untuk variabel Perhatian Pada Anak (Y1) dari 26 butir pernyataan terdapat 24 butir pernyataan yang valid dengan nilai r>0,30. Hasil uji validitas untuk variabel Kemitraan Orang Tua dan Guru (Y2) dari 7 butir pernyataan seluruhnya dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X diperoleh nilai r11 0,882 > 0,600 ; variabel Y1 diperoleh nilai r11 0,888 > 0,600 ; variabel Y2 diperoleh nilai r11 0,742 > 0,600. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana didukung dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi dalam grup media sosial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian pada anak dengan skor koefisien regresi sebesar 0,342; (2) komunikasi dalam grup media sosial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemitraan yang terjalin diantara guru dan orang tua dengan skor koefisien regresi sebesar 0,118. Kemitraan yang terjalin diantara guru dan orang tua berkaitan dengan proses belajar anak baik di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu chatting dalam grup media sosial dapat menjadi media komunikasi yang efektif bagi orang tua guru untuk meningkatkan perhatian pada anak dan kemitraan diantara orang tua, guru, dan sekolah. Guru sebagai fasilitator pendidikan sebaiknya bisa memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi ini untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa, orang tua, maupun masyarakat. Orang tua yang memiliki fasilitas gawai maupun kemampuan menggunakan media sosial sebaiknya memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan perhatian dan hubungan dengan anak dan bekerja sama dengan guru untuk proses pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; grup dalam sosial media; perhatian orang tua, kemitraan; sekolah dasar; siswa SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:05
Last Modified: 14 Nov 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66672

Actions (login required)

View Item View Item