PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Anggriawan, Ferly (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Modul Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI Semester Genap di SMK Negeri 1 Pajangan sangat terbatas. Modul berbentuk bahan ajar dan hanya berupa gambar tanpa penjelasan secara rinci. Dan hanya pegangan pendidik dan penyampaian materinya melalui papan tulis sehingga, menghambat peserta didik untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung semester genap yang layak untuk kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini merupakan research and development yang disesuaikan dengan model pengembangan Four D Models dari Thiagarajan, Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (desseminate). Instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan skala 4. Subjek penelitian adalah Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, guru Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung SMK sebagai ahli materi dan ahli media. Jenis Data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam tahap ini adalah deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) modul berisi materi rangka atap, pintu dan jendela, plafon, tangga, dan kamar mandi/wc pada semester genap yang layak untuk siswa, hasil uji kelayakan pengembangan modul mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung kelas XI semester genap menurut ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,56 dengan kategori “sangat layak”, menurut ahli media memperoleh skor ratarata 3,00 dengan kategori “layak”, dan menurut guru atau pendidik memperoleh skor rata-rata 3,44 dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, konstruksi dan utilitas gedung
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:33
Last Modified: 13 Nov 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66647

Actions (login required)

View Item View Item