PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Pertiwi, Diah Cipto (2019) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Diah Cipto Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul nilainilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang layak digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983) dengan sembilan langkah,yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk modul nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas V. Materi pada modul ini terdiri pengenalan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai yang diterapkan di rumah, di sekolah,dan di masyarakat, terdapat juga kegiatan belajar dan evaluasi untuk siswa. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,33 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,20 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,50 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,81 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,29 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Jadi, modul nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ini layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila meningkat dibuktikan dengan rata-rata post-test meningkat dibandingkan pre-test yaitu dari 49,83 menjadi 76,20. Kata kunci: pengembangan modul, nilai-nilai Pancasila, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Nov 2019 05:35
Last Modified: 13 Nov 2019 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66644

Actions (login required)

View Item View Item