UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK MINOMARTANI 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Syarifah, Dwi Utami (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK MINOMARTANI 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Syarifah Dwi Utami_15111244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui media puzzle huruf anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman. Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu belum berkembangnya kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian 20 anak Kelompok A TK Minomartani 1, terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian apabila 80% dari jumlah seluruh anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak Kelompok A TK Minomartani 1 dalam mengenal lambang huruf meningkat menggunakan media puzzle huruf. Hasil Pratindakan sebesar 0% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Pada Siklus I persentase sebesar 40% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Pada Siklus II persentase sebesar 85% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Hasil pada Siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 80% dari jumlah seluruh anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil tersebut didapat dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kepingan puzzle huruf diletakkan di atas meja atau lantai. 2) Anak menunjuk dan mengambil puzzle huruf yang disebutkan guru lalu membentuk barisan saf. 3) Anak berjalan bergantian ke kanan, menyebutkan puzzle huruf yang dibawa temannya. 4) Guru menyebutkan beberapa huruf, anak berkumpul sesuai huruf tersebut. 5) Anak menyusun puzzle huruf menjadi suatu bentuk. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan kegiatan menggunakan puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf pada anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman. Kata kunci: Kemampuan mengenal lambang huruf, puzzle huruf, kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Nov 2019 02:17
Last Modified: 12 Nov 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66608

Actions (login required)

View Item View Item