Pengembangan Perangkat Tes Pengukur Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Kelas X.

Saifiyah, Sofi and Retnawati, Heri (2019) Pengembangan Perangkat Tes Pengukur Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas konstruk instrumen kemampuan koneksi dan representasi matematika yang dikembangkan, (2) mengestimasi reliabilitas instrumen kemampuan koneksi dan representasi matematika yang dikembangkan, dan (3) mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah pengembangan instrumen Retnawati (2015) sebagai berikut, (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen tes, (2) mencari teori yang relevan atau cakupan materi, (3) menyusun indikator butir instrumen tes, (4) menyusun butir instrumen tes, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan masukan validator, (7) melakukan uji coba, (8) melakukan analisis, dan (9) merakit instrumen tes. Sampel uji coba sebanyak 585 siswa dari 6 SMA Negeri Se-Kabupaten Cirebon. Analisis dilakukan dengan pendekatan teori respon butir menggunakan program QUEST. Hasil pengembangan berupa 2 perangkat tes pengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika kelas X materi trigonometri. Validitas konstruk instrumen terbukti valid yang dibuktikan menggunakan analisis faktor eksploratori. Reliabilitas butir tes sebesar 0,81 (koneksi P1), 0,85 (representasi P1), 0,58 (koneksi P2), dan 0,86 (representasi P2). Kedua perangkat sudah terbukti valid dan reliabel, sehingga instrumen dapat digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa. Instrumen produk akhir berjumlah 15 butir soal uraian yang terbagi menjadi 2 paket, paket 1 (P1) enam butir soal yang terdiri dari empat butir soal kemampuan koneksi matematika dan dua butir soal kemampuan representasi matematika. Paket 2 (P2) terdiri dari empat butir soal kemampuan koneksi matematika dan lima butir soal kemampuan representasi matematika. Hasil pengukuran kemampuan koneksi matematika siswa yang diuji menggunakan instrumen P1 memiliki nilai rata-rata sebesar 55,297 (kurang), sedangkan kemampuan representasi matematika siswa yang diuji menggunakan instrumen P1 memiliki nilai rata-rata sebesar 49,962 (sangat kurang). Kemampuan koneksi matematika siswa yang diuji menggunakan instrumen P2 memiliki nilai rata-rata sebesar 53,392 (sangat kurang), sedangkan kemampuan representasi matematika siswa yang diuji menggunakan instrumen P2 memiliki nilai rata-rata sebesar 55,289 (kurang).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, koneksi matematika, representasi matematika
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:12
Last Modified: 26 Oct 2021 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66574

Actions (login required)

View Item View Item