Studi Kemampuan Spasial Mahasiswa Pendidikan Matematika di Kota Surakarta.

Anindyarini, Rosyita and Rosnawati, Raden (2019) Studi Kemampuan Spasial Mahasiswa Pendidikan Matematika di Kota Surakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial yang terdiri atas dua aspek yaitu mental dinamis dan mental statis; dan meliputi enam sub aspek yaitu persepsi spasial, visualisasi spasial, rotasi mental, relasi spasial, orientasi spasial, dan komunikasi spasial mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survei eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika tahun akademik 2018/2019 di Kota Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 237 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika berasal dari dua Perguruan Tinggi yang telah memiliki jurusan Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes berbentuk multiple choice sebanyak 34 butir yang reliabel terhadap kemampuan -3,2 sampai +3,6; dan kegiatan wawancara yang dilakukan secara tidak terstruktur terhadap beberapa mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan penilaian acuan norma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial sebagian besar mahasiswa pendidikan matematika tahun pertama di Kota Surakarta berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, jika diamati rerata skor hasil tes kemampuan spasial maka capaian nilai rerata skor untuk aspek dinamis lebih tinggi daripada aspek statis. Rerata skor aspek dinamis termasuk pada kategori sangat tinggi, sedangkan capaian rerata skor aspek statis termasuk pada kategori tinggi. Apabila ditinjau dari sub aspek kemampuan spasial, maka urutan penguasaan pada mahasiswa pendidikan matematika tahun pertama di Kota Surakarta meliputi rotasi mental, visualisasi spasial, persepsi spasial, komunikasi spasial, orientasi spasial dan relasi spasial. Kemudian jika ditinjau dari kategori kemampuan maka urutan kemampuan spasial mahasiswa pendidikan matematika berdasarkan jumlah mahasiswa dari yang terbanyak meliputi kemampuan tinggi, kemampuan sangat tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Sementara itu, tidak ada mahasiswa pendidikan matematika tahun pertama di Kota Surakarta yang memiliki kemampuan spasial sangat rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: spasial, mahasiswa, pendidikan matematika, persepsi, visualisasi, rotasi mental, relasi, orientasi, komunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:10
Last Modified: 26 Oct 2021 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66572

Actions (login required)

View Item View Item