PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PERAWAT RSUD KOTA YOGYAKARTA

Azura, Nur Ghazani Mayang (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PERAWAT RSUD KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NurGhazaniMayangAzura_15808141060.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat RSUD Kota Yogyakarta, (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat RSUD Kota Yogyakarta, (3) pengaruh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) perawat RSUD Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat RSUD Kota Yogyakarta sebanyak 264 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara Accidental Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dengan Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat RSUD Kota Yogyakarta yang berjumlah 160 orang, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior perawat dengan β=0,724 dan p=0,000. Kontribusi pengaruh kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior (〖∆R〗^2) sebesar 0,508. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior perawat dengan β=0,683 dan p=0,000. Kontribusi pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (〖∆R〗^2) sebesar 0,458. (3) Kecerdasan emosional dengan β=0,492 dan p=0,000 dan kepuasan kerja dengan β=0,404 dan p=0,001 bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior perawat, dengan kontribusi pengaruh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior perawat (〖∆R〗^2) sebesar 0,615.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kepuasan kerja, organizational citizenship behavior (OCB)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:55
Last Modified: 08 Nov 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66566

Actions (login required)

View Item View Item