Pengembangan Soal Penalaran dan Pembuktian Matematika SMA.

Zaini, Arina Husna and Retnawati, Heri (2019) Pengembangan Soal Penalaran dan Pembuktian Matematika SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menginvestigasi kontruksi soal penalaran dan pembuktian matematika SMA, (2) mengestimasi reliabilitas soal penalaran dan pembuktian matematika SMA, (3) mengukur kemampuan penalaran dan pembuktian matematika siswa kelas SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah meliputi: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) mencari teori yang relevan atau cakupan materi, (3) menyusun indikator butir instrumen/soal, (4) menyusun butir instrumen, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan masukan validator, (7) melakukan uji coba, (8) melakukan analisis, (9) merakit instrumen. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XI pada tujuh sekolah, yaitu SMAN 1 Bantul, SMAN 2 Bantul, SMAN 1 Kasihan, SMAN 3 Bantul, SMAN 1 Banguntapan, SMAN 1 Pajangan, dan SMAN 1 Pleret. Jumlah keseluruhan subjek uji coba sebanyak 571 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa soal penalaran dan pembuktian matematika berbentuk uraian sebanyak 16 butir yang terdiri dari 10 soal penalaran dan enam soal pembuktian. Enam belas butir soal penalaran dan pembuktian dirakit menjadi dua paket soal yakni Paket 1 dan Paket 2 yang masing-masing paket terdiri dari lima soal penalaran dan tiga soal pembuktian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal penalaran dan pembuktian matematika yang dikembangkan valid. Hal ini didasarkan pada perhitungan menggunakan rumus Aiken bahwa nilai V pada semua butir soal

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembuktian, penalaran, pengembangan instrumen, reliabilitas, validitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:12
Last Modified: 01 Nov 2021 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66565

Actions (login required)

View Item View Item