Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri untuk Siswa Kelas 4 SD.

Marselina, Vince and Muhtadi, Ali (2019) Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri untuk Siswa Kelas 4 SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk buku digital interaktif matematika materi geometri untuk siswa kelas 4 SD, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk buku digital interaktif matematika materi geometri untuk siswa kelas 4 SD, dan (3) mengetahui kebermanfaatan produk buku digital interaktif matematika. Penelitian pengembangan produk ini mengacu pada langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan buku digital interaktif meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan dengan atribut komponen mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Atribut tersebut berfungsi untuk mengontrol setiap tahap pengembangan yang dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Lentera Harapan Curug kelas 4. Objek penelitian berupa produk buku digital interaktif materi geometri, bangun datar dan bangun ruang. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis kebutuhan siswa, wawancara, angket, skala, dan penilaian hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli media, skala respon siswa yang dikonversi ke skala dua, dan penilaian hasil belajar berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk buku digital interaktif yang berupa Compact Disk (CD) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa yang terdiri dari komponen: (1) halaman sampul, (2) petunjuk penggunaan, (3) kata pengantar, (4) daftar isi, (5) capaian pembelajaran, (6) isi materi, (7) rangkuman, (8) latihan dan evaluasi, (9) daftar pustaka, (10) identitas validator dan pengembang. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,65 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,78 (sangat layak). Selanjutnya pada uji beta kelompok kecil diperoleh hasil penilaian sebesar 1,75 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 1,84 (sangat layak). Penilaian kelayakan produk buku digital interaktif pada aspek pembelajaran didukung oleh perolehan rerata skor hasil belajar siswa sebesar 82,08.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku digital interaktif, multimedia pembelajaran interaktif, geometri, siswa kelas 4
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:20
Last Modified: 07 Nov 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66560

Actions (login required)

View Item View Item