HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 4 PURBALINGGA

Dyah Ardhini (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA SMP NEGERI 4 PURBALINGGA. S1 thesis, FIK.

[img] Text
Abstrak 304.doc

Download (34kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas olahraga SMP Negeri 4 Purbalingga yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitiannya adalah angket untuk mengetahui motivasi berprestasi dan kepercayaan diri serta buku raport ntuk mengetahui prestasi belajar. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, dan nilai rxy (0,442) > (0,279) rtabel (0,05)(51). Ada hubungan yang tidak signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi yang diperoleh lebih besar dari 0,05, dan nilai rxy (0,015) < (0,279) rtabel (0,05)(51). Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa dengan singnifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dan nilai Fhitung (6,131) > (3,18) Ftabel (0,05)(51). Kedua variabel bebas tersebut bersama-sama mempengaruhi variabel terikat sebesar 20% Kata kunci: motivasi berprestasi, kepercayaan diri, dan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item