PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNIT KONTROL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA MATA KULIAH PRAKTIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY

Abdillah, M. Faris (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNIT KONTROL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA MATA KULIAH PRAKTIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa alat pembangkit listrik tenaga angin yang digunakan sebagai media pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (2) mengetahui kelayakan unit kontrol Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap unit kontrol Pembangkit Listrik Tenaga Angin yang telah dikembangkan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan pendekatan ADDIE (ADDIE Approach).Kelebihan model pengembangan ADDIE lebih sederhana dan strukturnya sistematis. Model ADDIE ini terdiri dari 5 komponen yang saling berkaitan artinya dari tahapan yang pertama sampai tahapan yang kelima dalam pengaplikasiannya harus berurutan.Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro sebanyak 20 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) Hasil kinerja unit pembangkit listrik tenaga angin menggunakan 2 blade diperoleh kecepatan angin 3,2 m/s dan menghasilkan daya sebesar 5,4 watt. Menggunakan 3 blade diperoleh kecepatan angin 4,01 m/s dan menghasilkan daya sebesar 11,04 watt. Menggunakan 6 blade dengan kecepatan angin 3,2 m/s dan menghasilkandaya sebesar 2,6 watt. (2) Media pembelajaran unit kontrol pembangkit listrik tenaga angin pada mata kuliah pembangkit tenaga listrik tenaga angin memiliki tingkat kelayakan dengan kategori “Sangat Layak” dengan jumlah presentase oleh ahli materi “81,48%” dan oleh ahli media “86,05%”. (3) Respon mahasiswa terhadap Media Pembelajaran pembangkit listrik tenaga angin memliki kelayakan dengan kategori “Sangat Layak” dengan jumlah persentase sebesar “83,83”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Unit Kontrol, Media Pembelajaran, Pembangkit Tenaga Angin
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:23
Last Modified: 06 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66547

Actions (login required)

View Item View Item