Fitriyanto, Muhammad Noor and Pardjono, Pardjono (2019) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Employability Skills Siswa SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan belajar bekerja, (2) pengaruh praktik kerja industri terhadap kompetensi kejuruan, (3) pengaruh praktik kerja industri terhadap employability skills, (4) pengaruh langsung kesiapan belajar bekerja terhadap employability skills, (5) pengaruh langsung kompetensi kejuruan terhadap employability skills, (6) pengaruh tidak langsung praktik kerja industri terhadap employability skills melalui kesiapan belajar bekerja, dan (7) pengaruh tidak langsung praktik kerja industri terhadap employability skills melalui kompetensi kejuruan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis expost facto. Penelitian dilakukan di SMK Negeri dan Swasta Se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII jurusan teknik pemesinan. Sampel penelitian berjumlah 444 siswa dipilih secara proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen. Validitas isi dilakukan melalui pertimbangan ahli. Validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor Kaiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequacy dengan nilai 0,691 dan reliabilitasanya menggunakan Cronbachs Alpha dengan nilai untuk kesiapan kerja sebesar 0,921 dan employability skills sebesar 0,864. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung prakerin terhadap kesiapan belajar bekerja sebesar 23,3%, (2) terdapat pengaruh langsung prakerin terhadap kompetensi kejuruan sebesar 28,2%, (3) terdapat pengaruh langsung prakerin terhadap employability skills sebesar 10,1%, (4) terdapat pengaruh langsung kesiapan belajar bekerja terhadap employability skills sebesar 50,1%, (5) terdapat pengaruh langsung kompetensi kejuruan terhadap employability skills sebesar 15,4%, (6) terdapat pengaruh secara tidak langsung prakerin terhadap employability skills melalui kesiapan belajar bekerja sebesar 11,7%, (7) terdapat pengaruh secara tidak langsung prakerin terhadap employability skills melalui kompetensi kejuruan sebesar 4,3%. Employability skills siswa dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan praktik kerja industri, kesiapan belajar bekerja, dan kompetensi kejuruan yang maksimal. Kata kunci: employability skills, kesiapan belajar bekerja, kompetensi kejuruan, praktik kerja industry.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 05:36 |
Last Modified: | 31 May 2021 07:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66533 |
Actions (login required)
View Item |