UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA KELAS IV SD N KARANGANYAR

Nadari, Diva Novian (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA KELAS IV SD N KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Diva Novian Nadari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan meningkatkan kerjasama postitif siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD N Karanganyar Gedangsari. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Karanganyar Gedangsari, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dengan menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang kemudian data pada penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan kerjasama positif antar siswa. Peningkatan kerjasama positif ini dapat dilihat dari catatan lapangan. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dapat dilihat dari data tes hasil belajar kognitif siswa. Skor rata-rata siswa semula 73,97 (38,71%) kemudian meningkat menjadi 81,72 (70,97%) pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dan kemudian meningkat lagi menjadi 88,81 (87%) pada siklus II. Kata kunci : hasil belajar kognitif, kerjasama positif, student team achievment division (STAD).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:08
Last Modified: 05 Nov 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66530

Actions (login required)

View Item View Item