EFEKTIVITAS PELATIHAN KEPENYIARAN DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA BROADCASTING MAGENTA RADIO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2018

Arifiatunnisa, Imamah (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN KEPENYIARAN DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA BROADCASTING MAGENTA RADIO UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ImamahArifiatunnisa_15808141067.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan kepenyiaran terhadap kualitas siar Calon Magenta Crew (CMC) saat menjadi penyiar di UKMB Magenta Radio, dengan menggunakan teori Model Evaluasi Pelatihan Empat Level Kirkpatrick. Tujuannya adalah untuk mendapatkan solusi perbaikan strategi dan sistem pelatihan kepenyiaran untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan training di periode selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Sedangkan untuk informan dalam penelitian ini adalah dari pihak Pengurus UKMB Magenta Radio Divisi Produksi dan trainer pelatihan kepenyiaran periode 2018. Berdasarkan tiga teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti, ditemukan hasil bahwa pelaksanaan pelatihan kepenyiaran di UKMB Magenta Radio sebenarnya sudah cukup efektif. Hal ini didukung dengan bukti bahwa dari sekitar 30 orang CMC, yang berhasil naik siar dan tetap berkomitmen terhadap UKMB Magenta Radio pada periode 2018, beberapa telah bergabung dengan radio komersil sebagai penyiar radio, bahkan juga perusahaan dalam bidang voice over. Dengan fakta tersebut, dapat dilihat bahwa pelaksanaan pelatihan kepenyiaran di UKMB Magenta ternyata tidak hanya berdampak pada kualitas siar para penyiarnya saja, tapi juga terhadap berbagai kualitas dan kemampuan public speaking lainnya. Hal-hal yang menjadi penyebab dianggap kurang efektifnya pelatihan kepenyiaran di UKMB Magenta Radio utamanya adalah dalam bidang kualitas manajemennya. Tidak hanya kurang maksimalnya kualitas manajemen dari pihak penanggung jawab dan pelaksana training, namun dari pihak CMC sendiri juga kurang dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang telah disepakati. Oleh karena itu, jika memungkinkan, perlu adanya perbaikan kesepakatan tertulis agar dapat lebih tertata sehingga efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelatihan, Model Evaluasi Kirkpatrick, Kepenyiaran
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:49
Last Modified: 06 Nov 2019 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66524

Actions (login required)

View Item View Item