PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT KOTA YOGYAKARTA

Azis, Ahmad Dwi (2019) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ahmad Dwi Azis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran di kelas V SDIT Al-Khairaat Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Objek penelitian yaitu pendidikan karakter religius melalui pembelajaran sehari-hari di kelas V. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat nilai religius yang muncul ketika pembelajaran berlangsung yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan, 2) perencanaan kegiatan pembelajaran berupa silabus dan RPP yang di dalamnya memuat pendidikan karakter religius, 3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan berdasarkan RPP yang telah dibuat dan diintegrasikan dengan karakter religius melalui pelaksanaan dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, 4) kegiatan evaluasi dilakukan melalui penilaian afektif siswa yang dilakukan oleh guru melalui pengamatan sikap siswa. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter religius, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:40
Last Modified: 04 Nov 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66521

Actions (login required)

View Item View Item