ANALISIS DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Hanafi, Alfin Nur Wahyu (2019) ANALISIS DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AlfinNurWahyuHanafi_15808141059 .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh merger dan akuisisi terhadap abnormal return di sekitar pengumuman merger dan akuisisi serta perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan: Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), dan Current Ratio (CR). Populasi dalam penelitian ini meliputi perusahaan publik yang terdaftar di BEI yang pernah melakukan merger dan akuisisi pada periode 2010-2014. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana terdapat 24 perusahaan yang masuk dalam kriteria penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis 1 (perhitungan abnormal return) adalah analisis event study dengan menggunakan pendekatan abnormal return. Sedangkan untuk menjawab hipotesis 2 sampai 6 (perhitunganrasio-rasio keuangan) digunakan uji normalitas, uji paired sample t-testuntuk data berdistribusi normal dan ujiwilcoxon signed rank test untuk data berdistribusi tidak normal. Hasil pengujian abnormal return perusahaan pada periode jendela sebelum pengumuman merger dan akuisisi (h-10 sampai dengan h-1) tidak berbeda dengan abnormal return pada periode jendela setelah merger dan akuisisi (h+1 sampai h+10). Hasil pengujian kinerja keuangan menggunakan paired sample t-testdan wilcoxon signed rank test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan untuk rasio keuangan TATO untuk pengujian 1 tahun sebelum dan 1 tahun setelah merger dan akuisisi; rasio keuangan ROE dan TATO untuk pengujian 2 tahun sebelum dan 2 tahun setelah merger dan akuisisi; rasio keuangan ROA, ROE, dan TATO untuk pengujian 3 tahun sebelum dan 3 tahun setelah merger dan akuisisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Merger dan Akuisisi; Kinerja Keuangan; Abnormal Return
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:13
Last Modified: 05 Nov 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66512

Actions (login required)

View Item View Item