Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pokok Bahasan Sistem Respirasi Untuk Melatih Literasi Kuantitatif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Kelas XI IPA.

Apriyani, Winda and Suhartini, Suhartini (2019) Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pokok Bahasan Sistem Respirasi Untuk Melatih Literasi Kuantitatif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar biologi berupa LKPD berbasis PBL pada materi sistem respirasi yang berkualitas sehingga layak untuk melatih literasi kuantitatif dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA SMA dan (2) mengetahui efektivitas LKPD berbasis PBL yang dikembangkan untuk melatih literasi kuantitatif dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA SMA Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahapan analisis bermaksud untuk memperoleh data mengenai karateristik peserta didik dan studi pustaka melalui studi pendahuluan. Tahapan desain bermaksud merancang produk yang akan dikembangkan dengan merumuskan tujuan pembelajaran, materi pelajaran yang telah disesuaikan berdasarkan KI dan KD, serta sintak model PBL yang diterapkan pada produk yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan tahapan pengembangan, yaitu pengembangan produk awal LKPD berbasis PBL, validasi produk oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, peer reviewer, guru biologi SMA, kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 15 peserta didik dan uji lapangan 58 peserta didik pada tahapan implementasi. Pada tahapan terkahir dilakukan evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran biologi setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan (1) menurut hasil validasi ahli materi dan ahli bahan ajar, LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan (2) penggunaan LKPD berbasis PBL pada kegiatan pembelajaran meningkatkan literasi kuantitatif dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, LKPD berbasis PBL, literasi kuantitatif, sikap ilmiah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 04:16
Last Modified: 23 Feb 2023 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66500

Actions (login required)

View Item View Item