Efektivitas Pembelajaran Vokal dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Ear Training, Sight Reading, dan Sight Singing Mahasiswa PIM 1 Vokal Jurusan Pendidikan Seni Musik di Universitas Negeri Yogyakarta.

Arini, Nurul Risqa Dwi and Mudjilah, Hanna Sri (2019) Efektivitas Pembelajaran Vokal dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Musikalitas Ear Training, Sight Reading, dan Sight Singing Mahasiswa PIM 1 Vokal Jurusan Pendidikan Seni Musik di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas pembelajaran vokal dengan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan musikalitas mendengarkan melodi lagu (ear training), musikalitas membaca melodi lagu (sight reading), dan musikalitas menyanyikan kembali melodi lagu (sight singing) mahasiswa PIM 1 Vokal di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PIM 1 Vokal Universitas Negeri Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu 25 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa pada kelompok eksperimen dan 10 mahasiswa pada kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes musikalitas dasar, tes musikalitas (ear training, sight reading, sight singing) dan observasi musikalitas. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan inter-rater reliability dengan teknik Cohen’s Kappa. Data penelitian dianalisis secara multivariat menggunakan uji mancova. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas multivariat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas multivariat menggunakan uji Levene test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran vokal dengan metode pembelajaran drill efektif untuk meningkatkan kemampuan musikalitas mendengarkan melodi lagu (ear training), musikalitas membaca melodi lagu (sight reading), dan musikalitas menyanyikan kembali melodi lagu (sight singing) mahasiswa PIM 1 Vokal. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,026 lebih besar dari nilai taraf signifikansi 5% (0,026<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan musikalitas, metode pembelajaran drill, pembelajaran vokal
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:50
Last Modified: 23 Feb 2023 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66498

Actions (login required)

View Item View Item