Pengembangan E-learning Berbasis Chamilo pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA.

Astriawati, Fitri and Djukri, Djukri (2019) Pengembangan E-learning Berbasis Chamilo pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan e-learning berbasis Chamilo pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah; (2) efektifitas e-learning berbasis Chamilo dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; dan (3) efektifitas e-learning berbasis Chamilo dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. E-learning yang dikembangkan dinilai oleh ahli dan praktisi dan diuji efektivitasnya pada peserta didik kelas X SMA menggunakan desain ujicoba quasi-experiment non-equivalent pretest- posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner need assessment, panduan wawancara, angket penilaian untuk ahli materi, ahli media, guru biologi, dan peserta didik, angket minat belajar, dan test literasi sains. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney, independent sample t-test, dan n-gain score. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-learning berbasis Chamilo pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi; (2) e-learning berbasis Chamilo efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dengan skor n-gain sebesar 0.54 (kategori peningkatan sedang); dan (3) e-learning berbasis Chamilo efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan skor n-gain sebesar 0.74 (kategori peningkatan tinggi).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, Chamilo, literasi sains, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:40
Last Modified: 24 Feb 2023 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66497

Actions (login required)

View Item View Item