PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Susanto, Hery (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG, SANITASI, DAN PERAWATAN KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses penyusunan modul pembelajaran Perawatan Gedung sebagai bahan ajar mata pelajaran Perawatan Gedung kelas XI Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Perawatan Gedung. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four D (4D) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan; (3) development atau pengembangan; (4) disseminate atau penyebaran. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul pembelajaran Perawatan Gedung divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media serta guru mata pelajaran Perawatan Gedung. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa modul pembelajaran Perawatan Gedung semester gasal sebagai bahan ajar pelajaran Perawatan Gedung Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan. Isi modul tersebut terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, soal evaluasi, UAS, kunci jawaban, dan daftar pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan sangat layak atau baik untuk digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,60 atau 90,0% dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor total dari hasil evaluasi ahli media sebesar 2,97 atau 74,194% dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “layak” serta rerata skor total dari hasil evaluasi guru mata pelajaran sebesar 3,54 atau 88,46% dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul Perawatan gedung yang dikembangan termasuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KGSP, Modul Pembelajaran, Perawatan Gedung
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:32
Last Modified: 01 Nov 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66496

Actions (login required)

View Item View Item