Keefektifan mind mapping pada model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa SMA kelas XI materi sistem ekskresi.

Utami, Dhani Nugrahaningtyas and Subali, Bambang (2019) Keefektifan mind mapping pada model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa SMA kelas XI materi sistem ekskresi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan mind mapping pada model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA kelas XI materi system ekskresi, 2) keefektifan mind mapping pada model siklus belajar 5E terhadap rasa ingin tahu siswa SMA kelas XI materi system ekskresi, 3) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa SMA kelas XI materi system ekskresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMAN 1 Pundong tahun ajaran 2018/2019. Sampel dipilih menggunakan cluster sampling yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 dimana masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket yang dihimpun sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Validasi instrument yang dilakukan meliputi validasi isi dan konstruk. Pengujian hiptesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mind mapping pada model siklus belajar 5E signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif, 2) mind mapping pada model siklus belajar 5E signifikan terhadap rasa ingin tahu, 3) hubungan positif antara kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu tergolong sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model siklus belajar 5E, mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, rasa ingin tahu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:59
Last Modified: 06 Mar 2023 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66494

Actions (login required)

View Item View Item