UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BUKU BANTAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA BAKTI I

Hasanah, Siti Nur (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BUKU BANTAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA BAKTI I. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY.

[img] Text
SITI NUR HASANAH_15111241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti I melalui media Buku Bantal. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Prosedur penelitian ini melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti I yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media buku bantal. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui media buku bantal. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 76-100%. Setelah adanya tindakan Siklus I dan Siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik meningkat menjadi 83,32%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak adalah guru mempersiapkan media pembelajaran berupa buku bantal dan mendemonstrasikan belajar lambang bilangan menggunakan media tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media buku bantal dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Bakti I.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal lambang bilangan, media buku bantal
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:16
Last Modified: 01 Nov 2019 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66493

Actions (login required)

View Item View Item