Keefektifan Problem Based Learning Disertai Fishbone Diagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas X Materi Perubahan Lingkungan.

Priyadi, Anna Atiqa and Suyanto, Slamet (2019) Keefektifan Problem Based Learning Disertai Fishbone Diagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kelas X Materi Perubahan Lingkungan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan Problem Based Learning (PBL) disertai Fishbone Diagram (FD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA N 1 Pundong, (2) keefektifan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA N 1 Pundong (3) model pembelajaran yang paling efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMA kelas X pada materi perubahan lingkungan diantara model PBL disertai FD, PBL dan pembelajaran scientific approach (5M). Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X program peminatan MIPA SMA N 1 Pundong. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yang diambil secara acak dari kelas X MIPA SMA N 1 Pundong, dengan rincian sebagai berikut: X MIPA 1 menerapkan PBL disertai FD, X MIPA 2 menerapkan PBL, dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran 5M). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap ilmiah. Data kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut Bonferroni, untuk data sikap ilmiah dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis H dan uji lanjut Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model PBL disertai FD efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA N 1 Pundong, (2) model PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik pada pembelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA N 1 Pundong (3) model pembelajaran yang paling efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMA kelas X pada materi perubahan lingkungan adalah model PBL disertai FD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-based Learning, Fishbone diagram, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:38
Last Modified: 06 Mar 2023 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66492

Actions (login required)

View Item View Item