Prawira, Muhammad Rifqi (2019) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (670kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan panduan gerakan literasi sekolah, yang meliputi, (1) program gerakan literasi, (2) pelaksanaan gerakan literasi, (3) hasil program gerakan literasi meliputi tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran,(4) hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi. Penelitian deskriptif ini menggambarkan pelaksanaan progam literasi di sekolah. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil management mutu, pustakawan sekolah, guru/tim literasi sekolah, siswa yang berjumlah 10 responden dari SMK Negeri 2 Wonosari. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data dari angket kemudian data wawancara, observasi dan dokumentasi menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMK Negeri 2 Wonosari pada umumnya sudah berjalan sesuai dengan buku panduan gerakan literasi sekolah. Dalam pelaksanaannya (1) dari 16 indikator program gerakan literasi sekolah terdapat 12 indikator yang telah mencapai 100%. (2) dari 23 indikator pelaksanaan gerakan literasi sekolah terdapat 16 indikator yang pelaksanaanya mencapai 100%. (3) hasil progam gerakan literasi pada tahap pembiasaan dari 10 indikator terdapat 9 indikator yang mencapai 100%, pada tahap pengembangan dari 12 indikator terdapat 9 indikator yang mencapai 100%, pada tahap pembelajaran dari 15 indikator terdapat 12 indikator yang mencapai 100%. (4) ada 3 hambatan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di sekolah SMK Negeri 2 Wonosari. Kegiatan di SMK Negeri 2 Wonosari masih ada siswa yang tidak melakukan kegiatan membaca selama 15 menit. Ada guru sekitar 30%- 40% yang menggunakan waktu Literasi dengan di isi langsung oleh materi pelajaran guna mengejar materi pada saat mendekati akhir semester. Kemudian belum meratanya tempat untuk membaca di sekolah SMK Negeri 2 Wonosari. Masih terpusat di perpustakaan dan di area tengah sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hambatan gerakan literasi, hasil program literasi, pelaksanaan, gerakan literasi |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 08:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 08:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66490 |
Actions (login required)
View Item |