TINGKAT PEMAHAMAN PENANGANAN CEDERA AKUT DENGAN METODE R.I.C.E (REST, ICE, COMPRESSION, ELEVATION) PADA PEMAIN BOLA VOLI GUNDENGAN VOLI CLUB (GVC)

Fauzi, Muhammad Tri (2019) TINGKAT PEMAHAMAN PENANGANAN CEDERA AKUT DENGAN METODE R.I.C.E (REST, ICE, COMPRESSION, ELEVATION) PADA PEMAIN BOLA VOLI GUNDENGAN VOLI CLUB (GVC). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Semangat_Bisa! Ke-Enam (6)! PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat latihan atau pertandingan sering terjadi cedera, sehingga sangat diperlukan pemahaman konsep pertolongan pertama. Metode RICE sebagai salah satu metode terhadap penanganan cedera akut, penting untuk dipahami oleh atlet olahraga khususnya olahraga bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pemain di club bola voli GVC tentang penanganan akut cedera dengan metode RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh pemain club bola voli GVC, yang berjumlah 30 orang. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,879. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat pemahaman pemain di club bola voli GVC tentang penanganan cedera akut dengan metode RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation). Untuk menganalisis data secara kualitatif, dimana hasil nilai tes pengetahuan kemudian dimasukkan dalam 5 kategori dideskripsikan sesuai kriterianya. Berdasaarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pemain di club bola voli GVC tentang penanganan cedera akut dengan metode RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation). adalah baik. Sebagai rincian, sebanyak 9 pemain (30 %) kategori baik sekali, 21 pemain (70 %) kategori baik, 0 pemain (0 %) kategori cukup, 0 pemain (0 %) kategori kurang. Frekuensi terbanyak pada kategori baik, sehingga dapat disimpulkan tingkat pemahaman pemain di club bola voli GVC tentang penanganan cedera akut dengan metode RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation) adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penanganan cedera, metode RICE
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:23
Last Modified: 31 Oct 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66486

Actions (login required)

View Item View Item