FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR RENANG PADA MAHASISWA S1 PJKR 2017 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Matilda, Arthagina Muktifada (2021) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR RENANG PADA MAHASISWA S1 PJKR 2017 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arthagina muktifada matilda_17601241031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja permasalahan faktor kesulitan belajar renang pada mahasiswa S1 PJKR. Banyak berbagai macam hambatan yang mahasiswa tidak lulus mata kuliah ini, hambatan dapat berasal dari tidak adanya dorongan diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar. Sehingga, banyak mahasiswa yang gugur untuk mendapatkan nilai yang maksimal saat ujian renang gaya crawl. Masalah yang dapat diambil yaitu apa sajakah faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar renang ada mahasiswa S1 PJKR Universitas Negeri Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif karena dengan menggunakan ini dapat ditarik suatu kesimpulan atau makna tertentu dari permasalah ini. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini merupakan angket dengan skala likert yaitu angket tertutup, sehingga responden hanya memilih jawaban yang sudah disediakan oleh peneliti sebagai pilihan jawaban yang tepat. Perhitungan statistik ini menggunakan menyajikan data, tabel dan juga histogram dengan menghitung rata-rata (mean), modus, median, standart deviasi, dan juga persentase. Populasinya adalah 160 mahasiswa dan sampel sebanyak 72 mahasiswa yang mendapatkan nilai C sampai dengan K sehingga metode penelitiannya adalah purposive sampling. Hasil penelitian tersebut yaitu memiliki hasil faktor intern dan faktor ekstern yaitu dengan sampel 72 mahasiswa mendapatkan hasil yaitu faktor internal dengan penguasaan teknik tertinggi dengan kategori sedang yaitu 20%, faktor psikologis dengan tertinggi kategori sedang yaitu 19%, faktor fisik kategori tertinggi yaitu kategori sedang dengan 20%, dan faktor usia dengan kategori tertinggi yaitu kategori sedang dengan 26%. Faktor internal dengan faktor perkuliahan yaitu juga mendapatkan hasil tertinggi dengan kategori sedang dengan hasil 15%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:56
Last Modified: 03 Jun 2021 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66484

Actions (login required)

View Item View Item